Bisnis

Kompetensi dalam kewirausahaan – ukuran potensi keberhasilan pemilik waralaba

Kunci Sukses untuk Franchisee

Nilai merek, lokasi, dukungan pemilik waralaba, kualitas produk atau layanan, persaingan lokal, iklim ekonomi… semuanya mempengaruhi keberhasilan bisnis. Kami mengharapkan pewaralaba usaha kecil yang potensial untuk menyelidiki faktor-faktor ini secara menyeluruh sebagai bagian dari proses uji tuntas mereka.

Tetapi variabel terbesar dari semuanya adalah franchisee kecil itu sendiri, dan keterampilan manajemen bisnisnya. Jika Anda belum pernah menjalankan bisnis sebelumnya, bagaimana Anda tahu bahwa Anda memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi sukses? Calon pembeli usaha kecil diharuskan untuk memperpanjang proses uji tuntas untuk memasukkan penilaian diri yang objektif, yang biasanya tidak dilakukan dengan cara formal apa pun oleh pembeli waralaba.

Menilai kompetensi Anda dalam kewirausahaan adalah cara yang bagus untuk mengukur potensi kesuksesan Anda sebagai franchisee kecil.

Kompetensi kewirausahaan mungkin tidak seperti yang Anda pikirkan. Hal-hal yang membuat Anda sukses di perusahaan Amerika belum tentu keterampilan yang sama yang Anda butuhkan untuk berhasil sebagai pemilik waralaba bisnis kecil. Lulus dengan pujian, menjadi pemain tim yang hebat di Fortune 100 selama beberapa tahun, atau menjadi kapten tim sepak bola perguruan tinggi atau tim pemandu sorak tidak ada hubungannya dengan kompetensi kewirausahaan.

Kamus mendefinisikan “kompetensi” sebagai “kemampuan untuk memperoleh keterampilan.” Ketika diterapkan dalam lingkungan kewirausahaan, Anda cenderung mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Siapa yang mungkin ingin membeli waralaba tanpa mengetahui bahwa mereka memiliki potensi yang baik untuk memperoleh keterampilan menjalankan bisnis?

Tetapi dapatkah efisiensi dalam kewirausahaan diukur dengan cara apa pun yang berarti?

Padahal, efisiensi dapat diukur dalam sebuah organisasi wirausaha. Studi tentang pengusaha yang sangat sukses mendefinisikan profil latar belakang keluarga yang agak umum, pengalaman masa kecil, nilai-nilai inti, kepribadian, dan banyak karakteristik lainnya. Menguji diri Anda terhadap profil pengusaha sukses ini adalah cara terbaik untuk mengukur kemampuan Anda dalam kewirausahaan pribadi. Kami mendorong setiap calon franchisee untuk “menguji sebelum Anda berinvestasi”.

Buktinya ada di hasil

Pengusaha paling sukses yang pernah saya kenal cocok dengan profil tes yang hampir sempurna. Meskipun ia akan memiliki keberhasilan yang terbatas bekerja untuk orang lain, hasilnya sebagai majikan sangat besar.

Dia mulai bekerja dalam perangkat lunak ketika dia berusia awal dua puluhan. Dia adalah pria yang tampak rendah hati dengan kredensial yang rendah hati. Dia tidak memiliki gelar MBA dari Universitas Harvard. Bahkan, dia tidak menyelesaikan studi sarjananya. Pengalamannya terbatas pada beberapa tahun sebagai pengembang perangkat lunak. Dia tidak pernah mengatur siapa pun sebelum dia memulai bisnisnya. Dia bukan komunikator yang karismatik atau dinamis. Jelas, dia bukan eksekutif perusahaan pada umumnya.

Saya bekerja dengannya selama sebelas tahun. Saya selalu kagum dengan nalurinya dan keterampilan tak ternilai dari seorang wirausahawan yang lahir secara alami. Dia memiliki visi yang jelas tentang ke mana pekerjaannya akan dibawa, dan komitmen yang penuh gairah, menular, dan tanpa henti untuk sampai ke sana. Dia sangat kreatif. Dia memiliki kecenderungan yang kuat untuk bertindak daripada berdebat bahkan jika dia tidak memiliki kebulatan suara dari staf seniornya.

Ini memulai bisnis tanpa investor luar dan mempertahankan kepemilikan penuh. Ketika dia memutuskan untuk keluar dari bisnis, dia menjualnya dengan jumlah yang tidak diungkapkan lebih dari $500.000.000 (ya, maksud saya setengah miliar dolar dengan huruf B). Hanya itu yang dia punya!

Dia memiliki kemampuan untuk mengatur proyek dengan sempurna.

Ikuti tes sebelum Anda berinvestasi

Skor tinggi pada tes bakat kewirausahaan seperti yang kami berikan kepada klien kami tidak menjamin kesuksesan dalam menjalankan bisnis waralaba Anda, dan skor rendah tidak menjamin Anda akan gagal. Tetapi ini adalah indikasi yang jelas betapa mudahnya mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis waralaba kecil-kecilan dan apakah Anda punya nyali untuk melakukannya. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam proses uji tuntas untuk membeli bisnis waralaba yang tidak boleh diabaikan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button